Perkara Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Smartphone Baru.

maxresdefault

Secara umum, saat memilih smartphone baru hanya ada dua pertimbangan utama, iaitu design dan hardware yang diterapkan. Memilih hp baru dengan design yang bagus boleh dilihat dari kualiti material penyusun yang digunakan, misalnya body hp berbahan plastik atau metal.

Spesifikasi smartphone hanya boleh dilihat melalui kotak pembungkusnya dan menu setting dalam hp. Ketika memilih smartphone haruslah berdasar pada keperluan. Jika smartphone yang akan dibeli nantinya lebih banyak digunakan untuk bermain game, maka RAM dan VGA harus diutamakan. Jika hp lebih banyak dimanfaatkan untuk mengambil foto, maka kamera adalah yang utama. Selain kedua hal tersebut, ada beberapa keadaan lain yang harus diperhatikan seperti di bawah ini.

1. Jenis Procsessor

snapdragon-800-powerful-processors

Membeli smartphone untuk tujuan apapun, jenis processor harus diutamakan. Processor memiliki peranan penting dalam hp saat sedang menjalankan apps tertentu.Bagi pengguna awam, memilih jenis processor tertentu memang sedikit membingungkan. Tiap jenis hp tertentu biasanya dilengkapi dengan jenis processor tertentu.

Processor yang paling banyak digunakan pengilang smartphone iaitu Snapdragon yang merupakan buatan Qualcomm. Samsung lebih memilih menggunakan processor buatannya sendiri yang diberi nama Hummingbird. Selain menghasilkan untuk hp sendiri, Samsung juga menjadi pembekal processor untuk Apple dengan siri A4, dan sekarang sudah generasi A10. Masih ada banyak processor lain yang beredar di pasaran, seperti OMAP dari Texas Instrument dan lain-lain.

2. RAM

terabyte-ram-smartphone

Spesifikasi lain yang harus diperhatikan saat akan membeli smartphone baru adalah mengenai RAM. Secara umum, semakin besar RAM yang digunakan pada jenis smartphone tertentu, maka hp akan mampu membuka banyak apps secara bersamaan tanpa mengalami penurunan performance. Bagi yang suka bermain game dan punya banyak apps laman sosial, maka RAM dengan kapasiti besar akan benar-benar diperlukan.

RAM sebesar 2 GB menjadi syarat minimum untuk memilih hp baru. RAM sebesar ini sudah cukup untuk menjalankan game dan apps yang perlu ruang memproses cukup besar. Namun semakin tinggi RAM misalnya  4 GB sudah lebih dari cukup. Saat memproses apps, RAM tetap memerlukan ruangan lain untuk mengolah data. Ruangan yang sering dipakai adalah memori hp, dan akan lebih baik jika memori hp tetap kosong.

3. Kamera

smartphone_camera_gt12

Bagi yang mempunyai hobi untuk mengoleksi foto, spesifikasi kamera jadi hal yang wajib diperhatikan. Secara umum, unit yang dipakai untuk mengukur kamera adalah megapiksel.Kamera dengan resolution 8 MP akan menghasilkan gambar hingga 8 juta piksel. Makin banyak jumlah megapiksel dalam kamera, maka gambar yang dihasilkan akan punya resolution tinggi.

Kamera punya peranan penting dalam menangkap suatu objek sehingga harus punya resolution yang tinggi. Selain dari lens kamera, sensor yang diterapkan pada kamera hp juga harus dipercayai. Level lens kamera biasanya disebut dengan unit aperture. Semakin tinggi aperture pada lens tersebut, maka cahaya yang ditangkap akan semakin banyak. Hasilnya, gambar yang dihasilkan semakin tajam dan berkualiti tinggi meski diambil dari keadaan gelap.

4. Resolution screen

2014-smartphone-comparison-1-8-e1471429469440

Kualiti display dan jenis paparan yang diterapkan juga harus jadi perhatian lain. Resolution paparan paling banyak digunapakai oleh kebanyakan hp iaitu 1920 x 1080 atau setara dengan format full-HD. Untuk hp high-end biasanya sudah menyokong quad-HD dengan resolution 2560 x 1440. Resolution yang lebih rendah juga masih banyak beredar iaitu 1280 x 720, dan paling banyak diterapkan pada hp kelas pertengahan dengan harga yang terjangkau.

5. Harga

439539

Dengan budget yang berlebih, memilih smartphone baru akan terasa lebih mudah. Namun bagi calon pembeli smartphone dengan budget terbatas, harga boleh jadi pertimbangan utama. Tidak peduli bagaimana spesifikasi hp yang akan didapatkan, hp murah jadi keutamaan. Yang harus dipahami, dengan budget yang terbatas, idealnya smartphone yang didapat juga punya kemampuan serba terbatas.

Jika smartphone high-end seperti Apple atau Samsung dirasa terlalu mahal, cubalah untuk sedikit menyesuaikan dengan keperluan. Feature phone juga boleh jadi pilihan logik untuk para pembeli yang menjadikan harga sebagai pertimbangan utama. Feature phone seperti Asus, Lenovo, Oppo, dan Xiaomi, boleh menjadi alternatif pilihan. Jika masih keberatan dengan harga yang ditawarkan, beberapa hp dengan local brands boleh dipertimbangkan.

6. Warranty

4

Sebaiknya, belilah hp dalam keadaan baru. Kualiti semestinya ditanggungjawabkan oleh penjual. Membeli smartphone baru jangan hanya fokus pada spesifikasi hp saja. Kedai penjual hp juga harus dipertimbangkan kredibilitinya.

Untuk menemukan kedai yang boleh dipercayai,anda boleh mencari review dan testimoni.

Itu sahaja.

Semoga bermanfaat.

Please “like” our Facebook page.
Just click the red link below. Thank you

@PlusminusOfficialGadgets

Leave a comment